8 Makanan Khas Kota Serambi Mekah yang Jadi Surga Pecinta Kuliner

Mau jelajahi kulineran, jangan tanggung-tanggung, Sob. Sobat Pesona bisa mulai dari daerah paling ujung barat Indonesia, kota Seramoe Meukah – Aceh. Makanan khas aceh punya cita rasa rempah dan metode masak yang khas juga. Berikut ini makanan khas aceh yang wajib jadi list kulineran kamu:

1. Mie Aceh

Mie Aceh jadi salah satu ikon kuliner khas Aceh yang paling terkenal. Tersedia dalam dua varian, mie goreng dan mie kuah, makanan ini juga disajikan dengan berbagai pilihan topping. Topping favorit mie Aceh diantaranya kepiting, daging sapi, dan seafood. Mie Aceh terasa lezat karena menggunakan perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, lada, bawang putih, dan daun seledri. Bakal lebih lengkap lagi kalau ada acar mentimun dan emping.

2. Kuah Masam Keu-Neung

Sobat Pesona yang suka makanan berkuah, kuah masam keu-neung adalah pilihan yang tepat. Kuah Masam Keu-Neung memiliki kuah yang agak kekuningan dan memiliki rasa pedas dan asam yang menyegarkan, hampir mirip sama gulai asam pedeh. Bahan utama kuah masam keu-neung ada ikan, belimbing wuluh, asam sunti, dan cabe.

3. Kuah Sie Itek

Selain ikan, Aceh juga punya makanan dari daging itik. Hidangan itik khas Aceh ini juga memiliki 2 varian, kuah sie itek merah dan kuah si itek putih. Versi sie itek putih hampir sama dengan opor Jawa. Di Aceh ini adalah menu yang selalu ada di warung nasi (keude bu). Kuah sie itek berwarna kuning kecoklatan biasanya disebut juga dengan kuah masak kurma, padahal bahan-bahannya nggak pakai kurma sama sekali, Sob. Aroma gurih sedapnya berasal dari daun kari dan pandan yang diikat di setiap potong itik yang dimasak. Kuah sie itek bahkan katanya ada sekitar 12-20 jenis rempah yang dicampur saat masak. Rasa rempahnya udah pasti kaya banget ya, Sob.

4. Rujak Aceh

Jika kamu mencari hidangan yang menyegarkan, Rujak Aceh adalah jawabannya. Rujak Aceh terbuat dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh, disajikan dengan saus rujak yang sangat khas dan beragam buah yang bakal bikin makin nikmat saat makannya.

5. Martabak Aceh

Sobat Pesona pengen camilan buat teman minum kopi? Ada Martabak Aceh yang bisa jadi pilihan menarik, nih. Martabak Aceh ini dibuat dengan menggunakan roti cane sebagai kulitnya dan memiliki cita rasa gurih dengan sedikit rasa pedas.

6. Kopi Sanger

Kalau kamu pecinta kopi, wajib banget nyobain salah satu kopi Sanger. Kopi sanger adalah perpaduan dari kopi hitam yang dicampur dengan susu kental manis, dan gula. Cara membuatnya, kopi hitam disaring dengan saringan berbentuk kerucut yang kemudian ditarik ke atas seperti membuat teh. Walaupun dicampur susu dan gula, tapi rasa kopinya tetap kuat dan nggak terlalu manis. Ajib pasti, Sob.

7. Sayur Pliek U

Sayur Pliek U adalah makanan khas Aceh Barat. Hidangan berkuah seperti gulai dan berisi berbagai jenis sayuran yang banyak ditemukan di Aceh. Kuah Pliek ini melambangkan kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan dalam sebuah hidangan. Sayangnya makanan ini mulai susah ditemuin, kecuali jika kamu datang ke hajatan orang Aceh, menu ini jadi menu wajib.

8. Ayam Tangkap

Sobat Pesona udah pernah nyobain makan Ayam Tangkap? Ayam Tangkap adalah hidangan khas Aceh yang terbuat dari potongan ayam kampung yang digoreng. Bedanya dengan ayam goreng biasa, hidangan ini dibumbui daun pandan, daun kari, daun temurui atau daun salam koja. Ciri khas ayam ini ada di taburan cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *