3 Daftar Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai keanekaragaman nilai, tradisi, serta budaya.

Provinsi ini juga menjadi salah satu provinsi yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata tujuan. Dengan pemandangan alam yag apik, tempat belanja yang beragam, serta aneka kuliner yang lezat, Jawa Barat mempunyai daya pikatnya sendiri.

Keberagaman kuliner khas Jawa Barat tidak lepas dari kebudayaan masyarakat Sunda yang banyak bertempat tinggal di daerah tersebut. Seiring dengan berkembangnya zaman, makanan khas ini tetap ada, diperkenalkan secara turun-temurun, serta banyak pula yang menjadi makanan populer.

Makanan khas Jawa Barat mempunyai karakteristiknya sendiri misalnya untuk makanan lauk biasanya memiliki rasa yang cenderung asam dan pedas, menggunakan sayur mentah sebagai pendamping atau lalapan, banyak masakan yang menggunakan ikan, serta banyak camilan yang

Walaupun sekarang banyak kuliner khas Jawa Barat juga sudah bisa ditemui di daerah lain, tapi tentu saja tidak akan selezat dari daerah asalnya. Tiap-tiap kuliner mempunyai ciri khasnya masing-masing dimulai dari segi bahan baku, bumbu pelengkap, hingga bentuknya.

Maka dari itu, jika anda mengunjungi provinsi Jawa Barat sebaiknya luangkan waktu untuk berwisata kuliner. Berikut beberapa jenis makanan khas Jawa Barat yang lezat dan bisa anda coba waktu berkunjung ke sana.

1. Lotek

Sekilas, saat melihat lotek pasti akan terlihat mirip dengan nasi pecel yang berasal dari Jawa Timur. Namun, apabila anda memperhatikan dengan lebih seksama, maka akan ada beberapa perbedaan yang bisa ditemukan. Diantaranya yaitu dalam bumbunya lotis menggunakan bawang putih dan terasi, lalu sayuran dalam lotis diulek bersamaan dengan bumbu kacang, dan juga lotis biasanya menggunakan bala-bala sebagai pelengkap.

2. Batagor

Makanan khas Jawa Barat berikutnya yaitu batagor Bandung. Batagor atau singkatan dari bahan utamanya yaitu bakso tahu goreng merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang di seluruh Indonesia.

Bakso dan tahu semuanya digoreng hingga kering dan renyah lalu disiram menggunakan sambal yang terbuat dari kacang, gula jawa, dan bumbu pelengkap lainnya. Jika ingin pedas, biasanya batagor juga disajikan bersamaan dengan sambal terasi, jika ingin manis bisa ditambahkan kecap, dan apabila ingin terasa asam segar batagor bisa ditambahkan dengan perasan jeruk limau.

3. Seblak

Seblak merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. Seblak memanglah seakan-akan seperti jajanan baru yang ngetren belakangan ini, tapi sebenarnya seblak sudah ada sejak tahun 1990-an lho.

Makanan yang berasal dari kota kembang ini terbuat dari campuran bumbu cikur (kencur) dengan beraneka ragam isian seperti kerupuk basah, mie instan, snack frozen, bakso, dan lain-lain. Kata seblak sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu segak dan nyegak yang mempunyai arti (bau) menyengat. Makna seblak sendiri ditujukan untuk bumbu inti campuran dari kencur dan cabai yang ditumis saat pembuatan seblak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *