10 Makanan Khas Kediri yang Enak dan Tidak Boleh Dilewatkan!

Makanan Khas Kediri – Indonesia bukan hanya dikenal dengan kebudayaan yang beragam saja, tetapi juga dikenal dengan makanan khasnya. Ada banyak sekali makanan khas daerah yang sangat enak untuk dinikmati. Salah satunya adalah makanan khas Kediri.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang makanan khas Kediri. Namun, sebelum membahas hal itu, kita akan membahas lebih dulu tentang kota Kediri. Jadi, simak artikel ini sampai habis.

Kota Kediri

Kota Kediri berkembang seiring dengan meningkatnya kualitas dalam berbagai aspek, yaitu pendidikan, pariwisata, perdagangan, birokrasi pemerintah, hingga olahraga. Pusat perbelanjaan dari pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan modern sudah beroperasi di kota ini.

Kediri adalah sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Timur Indonesia. Kota ini letaknya sekitar 130 km sebelah Barat Daya Kota Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di provinsi Jawa Timur setelah kota Surabaya dan Kota Malang menurut jumlah penduduknya.

Kota Kediri merupakan kota tertua yang ada di Jawa Timur. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan seluruh wilayahnya merupakan enklave dari Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari Selatan ke Utara sepanjang 7 kilometer. Penduduk kota ini berjumlah 287.962 jiwa, berdasarkan data Badan Pusat Statistik untuk Kota Kediri tahun 2022.

Makanan Khas Kediri

Jika kalian sedang berjalan-jalan di kota Kediri, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas kota ini. Untuk itu, kalian perlu tahu makanan khas apa saja yang ada di kota Kediri, berikut penjelasannya:

Makanan Khas Kediri “Soto Kediri”

Jika kalian pecinta makanan kuah, tentu wajib mencicipi makanan satu ini. Soto Kediri pada umumnya mirip seperti soto ayam yang biasa dijual. Namun, rasanya lebih gurih, karena kuahnya memakai santan dan biasanya menggunakan protein berupa daging ayam.

Soto kediri mirip soto ayam pada umumnya, berupa soun, tomat, telur rebus, dan suwiran ayam. Tetapi, kalian tidak perlu jauh-jauh datang ke Kota Kediri untuk menikmati soto ini.

Makanan Khas Kediri “Gethuk Pisang”

Sesuai namanya, jajanan khas Kediri ini berbahan dasar buah pisang. Gethuk pisang sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan ketika mengunjungi kota Kediri. Bentuknya panjang seperti lontong, dan rasanya manis, asam, dan legit.

Makanan Khas Kediri “Pecel Tumpang”

Kediri juga terkenal dengan kuliner pecelnya. Nasi pecel biasanya disajikan di atas pincuk daun pisang saat nasi masih hangat. Kemudian, nasi diberi berbagai macam sayuran segar di atasnya, lalu disiram sambal pecel dan sambal tumpang. Salah satu unsur dalam nasi pecel khas Kediri yang membuat berbeda adalah bagian sambal.

Makanan Khas Kediri “Tahu Takwa”

Kota Kediri juga dikenal dengan sebutan Kota Tahu, tentu tidak heran jika banyak kuliner berbahan dasar tahu di Kediri. Salah satunya tahu takwa. Tahu ini sudah menjadi makanan khas Kediri sejak 1912. Tahu takwa punya rasa dan aroma yang gurih. Ketika digoreng, bagian kulit tahu ini akan terasa krispi.

Nama takwa sendiri berasal dari nama Suku Hokkian yang bermukim di Kediri, suku tersebut adalah suku ‘Kwa’. Namun karena orang Kediri susah melafalkan ‘tahu kwa’, maka disebutlah takwa atau tahu takwa.

Pembuatan tahu takwa dimulai dengan merendam kedelai-kedelai pilihan di dalam air selama sehari semalam, kemudian kedelai tersebut dicuci hingga bersih agar tidak cepat asam.

Setelah pencucian, kedelai pun digiling hingga terbentuklah bubur tahu. Bubur tahu dimasak di kuali dengan suhu 70-80 derajat Celcius, tetapi jangan sampai bubur tahu tersebut mengental. Selanjutnya, bubur tahu yang sudah dimasak tersebut dimasukkan dan disaring ke bak fermentasi untuk memisahkan ampas kulit dan sari kedelainya, sisa ampas diperas lalu dibuang.

Sari kedelai dari bubur tahu tersebut diberi cuka untuk proses fermentasinya, setelah itu diaduk. Pengadukan adonan tahu harus dilakukan dengan teliti dan terampil, jika tidak tahu bisa jadi malah gagal. Dari proses fermentasi tersebut terbentuklah endapan atau gumpalan tahu di dasar bak fermentasi, endapan dan air harus segera dipisah, agar tahu tidak mudah asam.

Makanan Khas Kediri “Sate Bekicot”

Sate ini terbuat dari daging bekicot. Anda bisa menemukan sate bekicot di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten. Selain sate, tersedia juga olahan bekicot lainnya, seperti oseng-oseng dan keripik bekicot. Daging bekicot ini disukai masyarakat karena tinggi protein dan dipercaya dapat menambah stamina dan memperkuat daya tahan tubuh. Tekstur dagingnya juga kenyal dan empuk ketika digigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *